Cara Menambah Virtual Memory di Windows - Teknotik.NET

Cara Menambah Virtual Memory di Windows

Cara Menambah Virtual Memory di Windows - Memori virtual, atau file paging, merupakan komponen penting yang menentukan kinerja komputer. Menambah jumlah memori virtual dapat mempercepat kinerja Windows 10, terutama saat menjalankan program dan game berat.

Cara Menambah Virtual Memory di Windows

Fungsi utama dari memori virtual adalah sebagai tempat untuk menyimpan file program yang sedang berjalan tetapi idle (tidak aktif atau jarang digunakan), sehingga ruang di RAM dapat diprioritaskan untuk program yang sedang aktif.

Memori virtual dapat dianggap sebagai perpanjangan dari memori akses acak, perbedaannya adalah bahwa memori akses acak (RAM) adalah memori fisik sedangkan memori virtual adalah memori yang dihasilkan dari simulasi beberapa ruang pada hard disk.

Pemindahan data dari RAM ke memori virtual akan terjadi terus menerus selama sistem berjalan. Data yang jarang digunakan akan dipindahkan dari RAM ke memori virtual, dan data yang dibutuhkan oleh prosesor akan dipindahkan ke RAM. Dengan pendekatan jenis ini, sistem akan tetap memiliki sumber daya yang cukup dan menghindari penundaan dan waktu henti.

Kurang lebih penting daripada memiliki memori virtual di Windows, dan sama pentingnya dengan mengalokasikan ukuran yang tepat.

Secara default, Windows mengalokasikan ukuran memori virtual secara otomatis, tetapi ukurannya biasanya sangat kecil. Jika ingin menjalankan program berat seperti bermain game dengan emulator, bisa dipastikan akan sering muncul error “Low Virtual Memory”, begitu juga saat menjalankan program berat lainnya.

Cara Menambah Virtual Memory di Windows

Langkah pertama adalah masuk ke panel kontrol. Di Windows 10, Anda dapat melakukan ini dengan mengetik "Panel Kontrol" di bilah pencarian dan kemudian memilih menu Panel Kontrol.


Selanjutnya pilih menu System.


Pada halaman ini Anda akan melihat rincian sistem saat ini di komputer kita, Anda akan menemukan menu yang disebut Pengaturan sistem lanjutan dan klik sekali untuk masuk.


Kita akan dibawa pada jendela System properties, klik pada tab Advanced.

Lihat pada opsi Performance lalu klik pada tombol Settings.


Selanjutnya masuk ke tab Advanced

Lihat pada opsi Virtual memory, di sana ada sebuah tombol dengan label Change. Klik tombol tersebut.

Dalam daftar memori virtual, Anda akan melihat daftar drive di komputer kita, klik drive C.


Masih di jendela yang sama, centang opsi ukuran khusus lalu ubah ukurannya.

Anda dapat menggunakan setengah ukuran atau jumlah RAM, ini adalah nilai yang paling banyak digunakan.

Jika Anda hanya memiliki RAM 8 GB atau kurang, saya sarankan menggunakan jumlah memori virtual yang sama dengan RAM, jika lebih tinggi dari itu, menggunakan setengahnya sudah cukup. Setelah selesai, klik tombol OK.

Cara menambah Virtual Memory di Windows 7

Berikut ini adalah cara menambah ukuran Virtual Memory di Windows 7:

  • Kllik tombol Start.
  • Klik kanan pada Computer.
  • Pilih Properties.
  • Perhatikan pada panel sebelah kiri, klik pada Advanced system settings.
  • Klik pada tab Advanced
  • Perhatikan pada opsi Performance, klik tombol Settings yang ada di sana.
  • Klik lagi tab Advanced
  • Pada bagian Virtual Memory klik tombol Change.
  • Klik pada drive C.
  • Centang Custom size, masukkan nilai Virtual Memory yang diinginkan.
  • Klik OK
Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menambah Virtual Memory di Windows, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Comments