Cara Mengatasi Hard Disk / Flash Disk Yang Kosong Tapi Penuh - Teknotik.NET

Cara Mengatasi Hard Disk / Flash Disk Yang Kosong Tapi Penuh

Cara Mengatasi Hard Disk / Flash Disk Yang Kosong Tapi Penuh - Hard disk dan flash disk yang tidak berisi file apa pun tetapi penuh sering kali disebabkan oleh virus, kesalahan sistem file logis, atau kerusakan fisik. Meskipun kami telah menghapus beberapa file dan membersihkan file sampah sampai kosong, hard disk masih penuh dan selalu menampilkan peringatan kesalahan.

Cara Mengatasi Hard Disk

Hal ini akan menyebabkan kita tidak dapat menyimpan file lain dan juga dapat menyebabkan program lain terganggu dan Windows akan menjadi lebih lambat dari biasanya.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa anda coba, pada kesempatan kali ini Teknotik akan mencoba memberikan beberapa solusi mengatasi HDD dan Flashdisk kosong tapi penuh.

1. Perbaiki error pada disk

Cara pertama dan termudah untuk melakukannya adalah dengan mencoba memperbaiki kesalahan pada disk menggunakan CMD (Command Prompt).

Masalah hard disk yang penuh meskipun tidak ada file atau jumlah file yang tidak boleh banyak umumnya disebabkan oleh kesalahan sistem file logis yang dapat diperbaiki dengan memindai dengan CHKDSK.

CHKDSK atau Check Disk adalah alat yang dikembangkan untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan pada hard disk dan flash disk. Alat ini tersedia di semua versi Windows sehingga pengguna Windows 10, 8 dan 7 dapat menggunakannya.

Berikut caranya:

  • Buka Command Prompt dengan izin akses Administrator
  • Ketik perintah: CHKDSK D: /f /r /x
  • Tekan enter
  • Tunggu hingga proses scanning selesai

Informasi:

D: adalah drive yang ingin Anda perbaiki, dan perlu diganti berdasarkan drive yang Anda gunakan, seperti C: D: E: F: dan seterusnya.
/f berfungsi untuk melakukan perbaikan jika terjadi kesalahan.
/r digunakan untuk mendeteksi bad sector pada disk dan melakukan pemulihan.
/x digunakan untuk melepaskan disk yang ingin Anda perbaiki.

Proses scanning akan memakan waktu yang lama tergantung dari kapasitas harddisk atau flashdisk yang digunakan, semakin besar maka akan semakin lama. Anda hanya perlu menunggu prosesnya selesai, setelah itu periksa apakah masalah masih muncul atau berhasil diselesaikan.

2. Bersihkan virus


Ketika kapasitas penyimpanan yang digunakan tidak sesuai dengan ukuran file yang sebenarnya, Anda dapat menduga bahwa itu disebabkan oleh virus.

Hard disk, flash disk, atau kartu SD yang terkena virus mungkin memiliki kapasitas yang dapat digunakan lebih banyak daripada file di dalamnya karena virus mencuri sebagian ruang penyimpanan. Tetapi karena virus memiliki kemampuan untuk menyamarkan dirinya sendiri, kita mungkin tidak dapat melihatnya tanpa menggunakan utilitas.
 
Untuk menyiasatinya kita bisa menggunakan antivirus untuk mencari virus yang menyebabkan masalah tersebut. Setelah virus terdeteksi, kita tinggal membersihkannya dan jika beruntung, masalah yang ditimbulkannya akan hilang tanpa Anda harus melakukan langkah lebih lanjut.

Anda dapat menggunakan antivirus tepercaya seperti Malwarbytes, Norton, atau Kapersky untuk memindai. Bagi yang tidak suka menginstal antivirus, Anda bisa mencoba membersihkan virus dengan CMD, caranya bisa dilihat di postingan ini: Cara membersihkan virus dengan CMD.

3. Tampilkan file tersembunyi (hidden files)


Ketika ada masalah harddisk atau flashdisk penuh tapi filenya kosong atau ukurannya tidak sesuai dengan yang ditampilkan, anda bisa mencoba untuk melihat semua file yang ada di dalam disk tersebut. Masalah ini dapat disebabkan oleh hal-hal sepele seperti file tersembunyi, sehingga kami tidak dapat melihatnya.

Di Windows, cara menyembunyikan file tersembunyi di disk sangat mudah, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Windows Explorer
  • Klik menu File
  • Klik File Explorer Options atau Change folder and search options pada Windows 10
  • Klik tab View
  • Temukan dan centang opsi Show hidden files, folder and drives.
Setelah melihat semua file, Anda dapat memeriksa ulang kapasitas sebenarnya, dan melihat apakah itu cocok dengan deskripsi ruang hard disk yang digunakan.

Terkadang beberapa file tetap tersembunyi meskipun kita melakukan pengaturan seperti di atas, biasanya file tersebut disembunyikan oleh virus. Jadi sepertinya hardisk atau flashdisk tidak memiliki file tapi kapasitasnya termanfaatkan sepenuhnya.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan tentang Cara Mengatasi Hard Disk / Flash Disk Yang Kosong Tapi Penuh, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Comments