Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak ZONK - Teknotik.NET

Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak ZONK

Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak ZONK - Jangan tertipu untuk membeli iPhone bekas dalam kasus ini, sampai semuanya berjalan lancar. iPhone mahal karena memiliki niche tersendiri dan performa mumpuni. Adalah normal bagi orang untuk terus mencari iPhone, bahkan dalam kondisi penggunaannya.

Tips Membeli iPhone Bekas

iPhone sepertinya memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang di Indonesia. Tak heran jika ada orang yang berburu iPhone dalam kondisi bekas, dengan alasan bisa mendapatkan ponsel Apple dengan harga murah. IPhone dikenal sebagai ponsel dengan harga yang lumayan.

Apalagi di awal peluncuran seri iPhone terbaru. Misalnya pada seri iPhone 13, harganya bisa mencapai Rp. 30 juta untuk top model iPhone 13 Pro Max. Belum lagi iPhone 13 Pro Max, iPhone 12 Pro Max sebagai top model di seri lawas juga masih mahal.

Sekarang harganya masih di kisaran Rp. 20jt kondisi baru seperti yang tertera di iBox Marketplace. Di sisi lain, iPhone bekas pasti jauh lebih murah dibandingkan iPhone yang kondisinya baru. Misalnya, iPhone 12 Pro Max yang digunakan sekarang dijual dengan harga sekitar Rs. 15 juta, dipantau di Facebook Marketplace.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mendapatkan iPhone dengan harga lebih murah adalah dengan membelinya dalam kondisi bekas. IPhone bekas memiliki harga yang lebih murah, namun bukan berarti tidak ada masalah setelahnya.

Untuk iPhone bekas, pada dasarnya adalah ponsel yang pernah digunakan pengguna sebelumnya.Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya glitch, kerusakan atau penurunan performa, kemungkinan besar dapat terjadi pada iPhone bekas.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli iPhone bekas, penting untuk memeriksa kondisinya terlebih dahulu agar tidak merugi di kemudian hari. Meskipun murah, jika Anda mendapatkan iPhone bekas yang bermasalah, itu akan dapat menebusnya. Suku cadang dan biaya iPhone tidak murah.

Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak ZONK

1. Pastikan iPhone nyala dengan benar

Anda dapat mencoba mematikan iPhone bekas dan menyalakannya kembali dengan menekan tombol Power. Pastikan iPhone dapat masuk ke layar beranda saat boot selesai.

Jika iPhone macet saat menyala di logo Apple dan tidak masuk ke layar beranda, ada kemungkinan ada masalah dengan perangkat keras.

2. Pastikan Apple ID telah kosong

Proses iPhone memerlukan ID Apple atau akun pengguna. Satu ID Apple dapat dimasukkan per iPhone yang terdiri dari nama pengguna dan kata sandi. Pastikan ID Apple di iPhone yang digunakan kosong. Jika masih ada Apple ID yang terdaftar, Anda akan kesulitan mengoperasikan iPhone secara bebas.

Jadi Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dan mengatur ulang iPhone dengan bebas. Keberadaan ID Apple pada iPhone bekas dapat diketahui dengan mengklik menu Pengaturan, kemudian kolom dengan informasi ID Apple muncul di bagian atas daftar. Jika ID Apple kosong, nama akun pengguna tidak akan dicantumkan.

3. Cek bodi iPhone

Anda dapat memeriksa tubuh iPhone pada bingkai dan bagian belakang ponsel. Jika body terdapat lecet, retak atau pecah, maka kemungkinan iPhone bekas terkena benturan keras. Tabrakan dapat mempengaruhi komponen ponsel.

4. Periksa fungsi tombol iPhone

IPhone memiliki beberapa tombol yang terpasang di dalam sasis, termasuk tombol volume, tombol senyap, tombol beranda (untuk model iPhone Touch ID), dan tombol daya.

Pastikan semua tombol dapat ditekan dan berfungsi dengan baik.

5. Pastikan semua sensor iPhone berjalan dengan baik

IPhone memiliki banyak sensor untuk mengoperasikan fitur ponsel, seperti sensor jarak, giroskop, haptic, ID Wajah atau ID Sentuh, dll.

Anda dapat mencoba berbagai fitur di iPhone Anda untuk memastikan sensor berfungsi dengan baik. Misalnya, Anda dapat mencoba sensor jarak dengan fitur dial.

Saat panggilan telepon aktif dan kita mendekatkan iPhone ke telinga, idealnya layar iPhone akan menjadi gelap sebagai indikasi bahwa sensor jarak bekerja dengan normal.

6. Cek kesehatan dan fungsi baterai iPhone

Baterai iPhone bekas pasti mengalami penurunan performa akibat pemakaian oleh pengguna sebelumnya. Namun selama baterai iPhone tidak dalam status "Layanan", tag masih dapat digunakan dengan benar. Anda dapat melihat status kesehatan baterai iPhone Anda di opsi "Baterai" di menu "Pengaturan". Pastikan baterai tidak dalam kondisi "servis" yang sehat.

Anda juga perlu menguji fungsi baterai dengan mengisinya. Tunggu sampai kekuatannya naik. Jika persentase pengisian daya tidak meningkat saat mengisi daya, maka kemungkinan besar baterai iPhone rusak.

7. Cek fungsi kamera iPhone

Anda dapat memeriksa fungsionalitas semua kamera di iPhone Anda dengan mencobanya untuk mengambil foto atau video. Kemudian, lihat apa yang ditangkap kamera. Jika ada noda atau noda hitam, kamera mungkin mengalami gangguan.

Demikianlah yang bisa kami share ke kalian tentang Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak ZONK, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Comments